×

Kamis, 21 Juli 2016

SOAL JAWAB AMIR HIZBUT TAHRIR SEPUTAR GAGALNYA KUDETA DI TURKI

download PDFnya>> disini

بسم الله الرحمن الرحيم
Jawab Soal
Garis Besar Seputar Kudeta Militer Yang Gagal di Turki
Soal:
Meski baru berlalu beberapa hari, namun saya berharap ada penjelasan, meski dalam bentuk garis besar seputar upaya kudeta yang terjadi di Turki: siapa yang ada di belakangnya? Apakah benar mereka adalah kelompok Gullen? Ataukah para perwira di militer yang loyal kepada Inggris? Dan apa kemungkinan setelah itu? Semoga Allah memberi Anda balasan yang lebih baik.
Jawab:
Setelah memonitor dan menelaah apa yang terjadi di Turki selama dua hari tanggal 15 dan 16 Juli 2016, maka yang rajih bahwa mereka yang melakukan kudeta adalah para perwira yang berspekulasi yang loyal kepada Inggris dan mereka berada dalam sasaran bahaya. Hal itu karena fakta-fakta berikut:
1- Adapun bahwa mereka berada dalam sasaran bahaya, hal itu karena Dewan Syura Militer Turki biasanya bertemu di akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus mendatang setiap tahun. Wewenang Dewan ini banyak dan sangat penting dalam militer. Pertemuan itu diselenggarakan dengan dipimpin oleh perdana menteri di markas kepala staf di Ankara, dan dihadiri oleh menteri pertahanan, kepala staf, panglima angkatan darat, panglima angkatan udara, panglima angkatan laut, panglima gendarmarie (pasukan khusus) dan wakil kepala staf… Anggota Dewan Syura adalah para komandan militer senior. Di dalam pertemuan rutin Dewan Syura ini dibahas: promosi jabatan tinggi di militer, perpanjangan masa kerja beberapa panglima, dan perkara-perkara yang berkaitan dengan penetapan pensiun, kondisi tentara yang dipecat karena pelanggaran disiplin atau doktrin-doktrin moral, disamping sejumlah topik yang berkaitan dengan angkatan bersenjata Turki… Pertemuan itu berlangsung beberapa hari. Keputusan-keputusannya diumumkan setelah disodorkan kepada presiden. Dan biasanya bersama dengan pertemuan Dewan Syura itu berakhirlah tugas jabatan sejumlah panglima militer dan mereka yang memiliki pangkat tinggi. Misalnya, pada pertemuan sebelumnya pada 2/8/2015, diantara yang berakhir masa tugasnya dalam pertemuan itu adalah panglima angkatan udara, ketika itu Akin Ozturk, yang diberitakan oleh berbagai berita sebagai pemimpin upaya kudeta saat ini, dan panglima lainnya.
Tampaknya, para perwira yang melakukan upaya kudeta itu, mereka tahu “atau dibocorkan kepada mereka” bahwa langkah-langkah melawan mereka akan diambil di dalam pertemuan Dewan Syura itu yang mengancam kelangsungan mereka di tubuh militer pada jabatan mereka, maka mereka melakukan upaya ini sebagai tindakan antisipatif sebelum diselenggarakan pertemuan itu.
 
download PDFnya>> disini
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
×
Judul